Oleh: crowdedpencil | Desember 31, 2009

Mengatasi Efek Negatif Situs Pertemanan

itus Pertemanan yang marak di dunia maya bisa membuat seseorang menjadi lebih baik karena memiliki banyak teman, atau bisa juga membuat seseorang mulai tidak memperhatikan lingkungan yang sebenarnya.
Bagaimana mengatasi hal negatif yang ditimbulkan dari situs pertemanan yang kita ikuti?
1. Mengatasi Efek Candu dan Tidak Realistis
Mulailah menggunakan situs pertemanan bila memang ada keperluan penting saja yang ingin kita sampaikan kepada teman kita. Tentunya teman, saudara atau keluarga yang kita hubungi lewat situs adalah orang-orang yang memang berada jauh dan sulit bila dihubungi lewat media lain. Sehingga kita akan menjadi relistis akan kegunaan situs pertemanan. Hindari candu, bahwa tidak wajib anda mengomentari tulisan teman. Jangan mudah tertarik mendapatkan teman baru yang tidak memberi banyak manfaat. Perhatikanlah teman, kerabat dan keluarga yang nyata saat ini berada di sekeliling kita.
2. Mengatasi Efek Lupa Diri
Tetap saja kita memiliki hal yang lebih penting dari pada susunan aktifitas kita di dunia maya. Tentunya kita memiliki pekerjaan yang sesungguhnya dan lebih nyata. Kita memiliki tanggungjawab terhadap diri sendiri, bersosialisasi dengan orang sekitar. Tidak perlu harus kita meng-update status dan data setiap hari. Biarkan situs pertemanan kita sebagai lahan biasa yang cukup dinikmati beberapa waktu saja.
3. Mengatasi Efek Kebohongan
Berpikirlah yang nyata. Bahwa apa adanya tetap lebih baik dari pada menutupi dan menyembunyikan hal yang tidak benar. Boleh mengisi data, sebaiknya data pribadi yang sewajarnya. Jika anda suka privasi, lebih baik tidak mengisi dari pada mengarang. Lihatlah manfaat dari info yang kita ingin sebarkan tersebut.
4. Mengatasi Efek Pikiran Negatif
Anda suka memasuki obrolan? Kali ini anda harus lebih berhati-hati. Pembicaraan di dunia maya lebih berpotensi menimbulkan fitnah dari pada manfaat baiknya. Karena kita tidak bertatap langsung. Jadi, kita merasa lebih bebas mengutarakan sesuatu. Jangan terpancing dengan komentar atau tulisan-tulisan dari beberapa teman. Telitilah lebih dulu apakah teman menulis sesuatu yang bermanfaat atau tidak. Jika tulisan tidak mengandung manfaat sedikit pun, maka tinggalkan pembicaraan.
5. Mengatasi Efek Berbangga Diri
Meng-upload foto pribadi untuk memberitahukan kepada teman secara fisik tidak masalah, sebatas untuk perkenalan dan menunjukkan bahwa kita tidak berbohong. Tetapi, jika kita sudah mulai memasang foto diri yang banyak sekali melebihi wajar, anda harus menghindari prilaku ini. Bahayanya adalah timbul rasa berbangga-bangga diri yang pada akhirnya menjadi sombong. Apalagi kalau kita memiliki kelebihan, baik cakep, tampan, cantik, keren dan sebagainya.
Menjaga tali persaudaraan bisa lewat cara yang bermacam-macam. Tak lain dengan cara berteman lewat dunia maya. Ada baiknya, semua dilakukan dalam ambang batas kewajaran dan memiliki manfaat. Kehidupan nyata memiliki andil yang lebih besar dalam mempengaruhi sifat pribadi seseorang.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: