Oleh: crowdedpencil | Desember 31, 2009

Efek Yang Menjadikan Situs Pertemanan Itu Negatif

Boleh saja anda bermain dengan internet dan mengenal salah satu situs pertemanan di dunia maya. Namun, berhati-hatilah atas keputusan anda ini. Melakukan hubungan sah saja, apalagi bisa menjalin silaturahmi dan memiliki banyak teman untuk diajak ngobrol lewat chating. Sistem yang dipakai juga sangat mudah. Hanya mendaftarkan diri dengan mengisi seluruh biodata yang diwajibkan. Setelah itu kita bisa menjelajahi tiap ruang situs yang ada. Tapi bagaimana jika kegiatan pertemanan ini menjadikan kita lupa diri? Efek-efek negatif seperti apa yang dihasilkan dari Facebook, Friendster, Twitter atau situs pertemanan lainnya?

1. Efek Candu dan Tidak Realistis
Ada seseorang yang rela berlama-lama di warnet hanya untuk mengisi komentar dan foto. Dan ia melakukannya tak pandang waktu. Hampir tiap jam ia ke warnet melihat status dirinya dan teman-temannya. Padahal ia juga memiliki teman yang nyata(non-maya) yang bisa bersosialisasi dalam kehidupannya pula. Hal maya menjadikannya tidak realistis, dan selalu mengharapkan yang tidak tampak pada dunia maya. Karyawan kantor yang notabene bekerja dengan komputer tidak luput dari kecanduan ini. Setiap ada sela waktu dalam pekerjaannya, pasti digunakan untuk ngobrol di dunia maya.
2. Efek Lupa Diri
Seseorang yang setelah mengenal situs jejaring teman ini bisa menjadi lupa diri. Lupa akan pekerjaan yang sebenarnya, hanya untuk membalas komentar-komentar dari teman-temannya. Bahkan sampai ada yang lupa makan, minum bahkan tidur karena keasyikan ngobrol. Seorang ibu yang membiarkan anaknya menangis dengan terus menikmati chat, suatu efek lupa diri yang luar biasa.
3. Efek Kebohongan
Mengapa bohong? Karena situs pertemanan ini memberikan pengaruh psikis tersendiri. Jika seorang bisa dikenal sebagai orang cantik, tampan, baik, keren, kaya, lewat foto dan tulisan-tulisan tentang dirinya, pasti akan lebih dihargai dan banyak teman yang menghampirinya. Nah, disinilah seseorang akan rela berbohong demi mendapatkan kesan yang baik dan lebih dari yang lain. Kebohongan bisa dari identitas yang diperlihatkan. Melalui foto dan pesan-pesan.
4. Efek Pikiran Negatif
Ya, kenapa tidak? Percakapan-percakapan yang kerap kali muncul justru berpotensi mendatangkan banyak fitnah. Misalnya, seseorang yang mengeluarkan komen yang selanjutnya akan ditanggapi oleh teman lainnya. Malangnya, percakapan kian menjadi pertikaian. Kata-kata bernada tidak baik pun terbaca, dan sayangnya siapa saja bisa membacanya. Pikiran-pikiran negatif yang seharusnya tidak ada, menjadi ada dalam pembicaraan.
5. Efek Berbangga Diri
Jika seseorang tidak bisa menempatkan diri dan tidak bisa menggunakan jasa layanan dengan baik, maka seperti inilah yang terjadi. Seseorang hanya akan berbangga-bangga diri lewat permainan dunia maya. Meng-upload foto-foto pribadi sebanyak-banyaknya. Tanpa mempedulikan adakah manfaatnya atau tidak. Foto-foto yang dipajang akan membuat seseorang menjadi merasa bangga akan dirinya karena yang dipajang adalah gambar dirinya sendiri, sehingga bisa menjadikan sombong.
Tidak ada kata salah dalam melakukan jejaring teman lewat dunia maya. Asal penempatan manfaat dan kegunaannya disesuaikan dengan kebutuhan. Jika anda termasuk salah satu yang mengalami efek di atas, anda tidak perlu khawatir. Ada cara mengatasi efek negatif yang saya rangkum pada wacana berjudul “Mengatasi Efek Negatif Situs Pertemanan”.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: