Oleh: crowdedpencil | Februari 2, 2010

KARAOKE bisa merusak pita suara

Saat ini tempat karaoke menjamur dimana-mana, hampir disetiap sudut kota pasti ada tempat untuk berkaraoke. Rata-rata masyarakat melakukan aktivitas ini untuk menghilangkan stres atau sekedar menyalurkan hobi semata. Banyak orang yang melakukan karaoke dengan suara yang terlalu keras atau terlalu dipaksakan, padahal jika hal ini dilakukan terus menerus bisa merusak pita suara seseorang.

Di Hongkong, masyarakatnya dihimbau agar tidak bernyanyi ditempat karaoke tanpa melakukan pelatihan suara terlebih dahulu, ini untuk mencegah terjadi kerusakan suara yang permanen. “Dua dari lima orang ditemukan menderita masalah dengan suaranya yang disebabkan oleh penggunaan suara yang tidak tepat dan berlangsung secara terus menerus,” ujar ahli bedah dari Rumah sakit Queen Mary, seperti dikutip dari Health24, Rabu (12/8/2009).

Bernyanyi karaoke dengan suara yang dipaksakan untuk berteriak atau dengan teknik yang salah bisa berbahaya. Selain karaoke kegiatan lain yang mengharuskan seseorang untuk berteriak terus menerus juga berbahaya. “Menggunakan suara dengan tidak benar bisa menyebabkan pita suara menjadi robek atau menggumpal,” ujar Dr. Paul Lam, seorang konsultan dari Rumah sakit Queen Mary. Dr. Paul Lam menambahkan meskipun telah dilakukan operasi pembedahan untuk menyembuhkan kerusakan suara tersebut, suara yang alami dari orang tersebut tidak akan bisa menjadi normal kembali. Untuk itu sebaiknya jika sedang karaoke tidak pelu mengeksplorasi suara secara berlebihan, karena bisa memiliki efek yang fatal bagi pita suara Anda. Bernyanyilah dengan suara yang semestinya, agar suara alami dan pita suara Anda tidak rusak.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: