Oleh: crowdedpencil | Januari 4, 2010

8 kategori kecerdasan manusia

Kecerdasan Linguistik

Kemampuan untuk menggunakan kata-kata secara efektif, baik secara lisan maupun tertulis. Kecerdasan ini meliputi keterampilan sebagai kemampuan untuk mengingat informasi, untuk meyakinkan orang lain untuk membantu Anda, dan membicarakan tentang bahasa itu sendiri.Anda dapat membantu siswa mengembangkan kecerdasan linguistik dengan menciptakan lingkungan yang kaya cetak; dengan memberikan sesuatu untuk melihat, mendengar, dan menulis tentang; dan dengan menciptakan banyak kesempatan untuk interaksi antara siswa dan antara guru dan siswa.

Kecerdasan matematis-logis

Kemampuan untuk menggunakan angka secara efektif dan alasan yang baik. Hal ini termasuk keterampilan seperti memahami sifat-sifat dasar angka dan prinsip-prinsip sebab dan akibat, serta kemampuan untuk memprediksi, dengan menggunakan mesin sederhana.Anda dapat membantu siswa mengembangkan kecerdasan logis-matematis dengan menyediakan Manipulatif untuk bereksperimen dengan angka dan dengan menggunakan mesin sederhana atau program komputer untuk membantu anak-anak berpikir tentang sebab dan akibat.

Kecerdasan spasial

Kemampuan untuk merasakan , ruang, warna, garis, dan bentuk. Ini mencakup kemampuan untuk grafis visual atau spasial mewakili ide-ide. Anda dapat membantu siswa mengembangkan spasial / visual kecerdasan dengan memberikan banyak kesempatan untuk kegiatan pemetaan visual dan mendorong siswa untuk mengubah pengaturan material dalam ruang, seperti dengan membuat bagan dan buletin board.

Kecerdasan kinestetik – jasmani

kemampuan untuk menggunakan tubuh untuk mengekspresikan ide-ide dan perasaan dan untuk memecahkan masalah. Hal ini termasuk keterampilan fisik seperti koordinasi, fleksibilitas, kecepatan, dan keseimbangan.
Anda dapat membantu siswa mengembangkan kecerdasan kinestetik-jasmani dengan memberikan pelajaran bahasa secunder , misalnya bahasa asing (english , german dll),
namun di fokuskan pada bahasa non-verbal-nya (bahasa tubuh / body language)

Kecerdasan musical

Kemampuan untuk merasakan ritme, pitch, dan melodi. Hal ini termasuk keterampilan semacam itu sebagai kemampuan untuk mengenali lagu sederhana dan bervariasi kecepatan, tempo,
dan irama melodi sederhana. Anda dapat membantu siswa mengembangkan kecerdasan musikal dengan menggunakan tape recorder untuk mendengarkan, bernyanyi bersama, dan belajar lagu baru.

Kecerdasan interpersonal

Kemampuan mempersepsikan dan membedakan suasana hati, maksud, motifasi, dan persaan orang lain.
Kepekaan terhadap ekspresi wjah, reka, suara, kemampuan menanggapi secara efektif tanda-tanda tersebut dan mempengaruhi kelompok orang untuk melakukan tindakan tertentu.
nah, kalau ini bisa jadi tempat curhat yang baik.

Kecerdasan intrapersonal

Kemampuan memahami diri sendiri dan bertindak beradasarkan pemahaman tersebut.
Kepekaan tarhadap mjemahami diri sendiri, kesadaran atas suasana hati, kainginan, kemampuan berdisiplin diri, memahami, menghargai diri.

Kecerdasan naturalis:

Kemampuan untuk mengenali dan mengklasifikasi tanaman, mineral, dan binatang, termasuk bebatuan dan rumput, dan semua ragam flora dan fauna.
Itu juga merupakan kemampuan untuk mengenali artifak budaya seperti mobil atau sepatu.
Anda dapat membantu siswa mengembangkan kecerdasan naturalis mereka dengan memusatkan perhatian mereka pada dunia di luar kelas.

Tetapi tidak lantas orang yang tidak termasuk kategori di atas adalah orang yang tidak cerdas / pintar,..karena,
suatu ide yang muncul atau di utarakan oleh / dari seseorang tidak serta merta membuat orang tersebut bodoh ataupun pintar.
Karena tidak ada benar atau salah , yang ada hanya “tepat atau tidaknya suatu pendapat dalam sebuah konteks”…
jadi kalau tidak tepat bukan berarti orang tersebut bodoh..hanya belum tepat.Tapi mungkin tepat di konteks yang lain.

source : [stu-oakley]

“jika anda para pembaca merasa informasi & tulisan dalam blog ini berguna, silahkan klik  tombol subscribe untuk mendapatkan update tulisan terbaru dalam blog ini, terima kasih sudah berkunjung”.


Responses

  1. maksih informasinya , slam kenal :D:)

    • sama2 devo1997…terima kasih uda mau mampir, sering2 ya..salam kenal jg🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: