Oleh: crowdedpencil | Desember 31, 2009

Bagaimana Cara Promosi di Internet ?

Ada banyak cara dan sarana melakukan promosi di Internet.Anda mungkin telah memanfaatkan berbagai macam sarana promosi tersebut. Bijaksanalah memanfaatkan alat promosi online. Walaupun gratis tapi kalau tidak efektif menghasilkan, berarti anda telah menyia-nyiakan waktu, tenaga dan uang untuk biaya akses internet.
CARA PROMOSI YANG TIDAK EFEKTIF :
1). BANNER IKLAN.
Iklan Banner salah satu cara beriklan yang populer dan banyak dipergunakan oleh pebisnis Online. Tapi kenyataan membuktikan bahwa Ratio Klik pada sebuah banner paling besar 1: 70, artinya sebuah banner mendapatkan satu kali klik per 70 kali penampilannya.
Jika anda ingin menggunakan banner untuk sarana promosi, manfaatkan saja Banner Exchange gratis. Jangan membayar untuk menampilkan banner anda di situs lain karena biayanya tidak akan sebanding dengan jumlah klik atau hits kunjungan yang dihasilkan.
Selain itu kelemahan dari Banner iklan adalah memperlambat loading sebuah situs. Banner Exchange lebih baik diletakkan di bagian bawah halaman situs. Rata-rata pengunjung situs tidak suka melihat banner pada situs yang memperlambat loadingnya.
2). SPAM.
Spam atau mengirim e-mail promosi ke alamat e-mail yang tidak membutuhkannya merupakan cara promosi yang tidak efektif. Tidak peduli berapa banyak alamat e-mail yang bisa dicapai. Spam sangat di benci oleh para netter.
Selain itu pengirim e-mail Spam akan mendapatkan banyak masalah seperti e-mailnya akan di “black list” dan di block, tidak memiliki kredibilitas, e-mail dan accountnya bisa dicabut jika terjadi banyak komplain yang melaporkannya ke ISP yang bersangkutan.
Jika nama anda sudah dikenal sebagai seorang tukang Spammer maka kredibilitas anda dapat hancur.
3). IKLAN BARIS.
Memasang Iklan di situs Iklan baris sejujurnya bukan sarana promosi yang efektif. Kenapa ? karena kebanyakan orang yang mengunjungi situs Iklan baris adalah orang yang juga mau memasang iklan di situs iklan baris tersebut. Selain itu hanya dalam hitungan menit, iklan anda akan tergeser posisinya ke bawah dan dalam hitungan jam mungkin tidak kelihatan.
Satu satu kelebihan Iklan baris adalah karena proses pengaktifannya yang cepat dan gratis. Jika anda mau memasang Iklan di Iklan baris sebaiknya pilih situs Iklan baris yang banyak pengunjungnya. Selain itu pasanglah Iklan anda dengan masa berlaku sebentar saja misalkan satu minggu. Ini dilakukan agar anda bisa memasang iklan yang sama minggu depan dan seterusnya.CARA PROMOSI YANG EFEKTIF :
1). SEARCH ENGINE ATAU MESIN PENCARI.

Mendaftarkan situs ke Search Engine merupakan cara promosi paling awal yang harus dilakukan. Semua pengguna internet mempergunakan Search Engine untuk mencari apa saja yang ada di internet. Search Engine bisa mendatangkan hingga 60% dari semua penggunjung di Situs anda jika situs anda bisa menempati rangking 10 besar dari hasil pencarian keyword situs anda di Search Engine populer seperti Yahoo.com atau Google.com.
Saat ini ada puluhan ribu Situs Search Engine di seluruh dunia, tapi Anda tidak perlu mendaftarkan situs Anda ke semua Situs Search Engine. Yang terpenting daftarkan Situs Anda ke Situs Search Engine yang paling banyak penggunanya seperti http://www.yahoo.com , http://www.altavista.com , http://www.infoseek.com , http://www.lycos.com , http://www.excite.com , http://www.webcrawler.com , http://www.hotbot.com dan http://www.google.com
Untuk yang dalam negeri, situs Search Engine Nasional yang populer misalnya http://www.searchindonesia.com , http://www.naver.co.id , http://www.indocenter.co.id , http://www.catcha.co.id.
2). E-MAIL MARKETING.
Promosi lewat e-mail merupakan salah satu cara promosi yang efisien. Melakukan promosi lewat e-mail biasanya memanfaatkan sarana Maling list atau Safelist. Anda bisa menemukan berbagai macam mailinglist mulai dari yang beranggotakan puluhan orang hingga ribuan orang di Yahoogroups misalnya http://groups.yahoo.com.
Maling list atau safelist adalah kelompok email address dari orang-orang yang bergabung dan setuju untuk menerima email dari anggota lain dan mengirim email ke anggota lain. Setiap member Mailing list atau safelist memiliki dan membutuhkan sebuah produk dan jasa atau informasi. E-mail marketing merupakan jenis Direct marketing yang paling murah, efektif dan efisien.
3). VIRAL MARKETING.
Viral marketing adalah konsep marketing yang meniru kerja virus komputer yang bisa bekerja sendiri, menyebar dengan cepat dan secara otomatis menginfeksi jutaan komputer di seluruh dunia. Itulah sebabnya viral marketing juga dinamai dengan traffic virus. Bedanya jika virus komputer sangat merugikan bagi pihak yang terkena tapi viral marketing justru menguntungkan. Konsep dasar Viral Marketing adalah mengijinkan orang lain untuk menggunakan produk Anda secara gratis, produk anda ini bisa berupa ebook, artikel, sofware komputer, software game, ecard, dan lain -lain, selanjutnya pengguna produk anda tersebut diperbolehkan atau diminta untuk memberikannya ke orang lain dan seterusnya secara berantai, tujuannya untuk menyebarkan pemasaran anda lebih cepat melalui internet. Ide viral marketing adalah dengan mengikutsertakan iklan anda pada produk gratisan anda yang bisa dimiliki atau dipakai orang lain yang secara otomatis disebarluaskan ke orang lain.”
Contoh Viral marketing adalah e-Books, web hosting gratis, tell a friends scripts, affiliate program atau downline, software komputer dan game, dan artikel.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: